Minggu, Agustus 06, 2006

institut pelangi perempuan

Institut pelangi perempuan merupakan suatu wadah atau organisasi yang akan melakukan penguatan sumber daya dan pemberdayaan kelompok lesbian muda yang nantinya akan bersama-sama melakukan upaya-upaya khusus untuk mewujudkan suatu tatanan masyarakat demokratis yang tidak diskriminatif terhadap preferensi seksual berbeda.

Jika tidak menghadapi suatu halangan apapun,Institut pelangi perempuan akan mengawali pergerakannya dengan melakukan launching sebuah website dan sosialisasi program yaitu berupa diskusi bulanan dengan mengambil tema-tema yang berbeda mengenai seputar permasalahan lesbian diwilayah internal dan komunitas publik.

Tulisan diatas saya peroleh lewat email welcome aboard tak lama setelah saya mendaftarkan diri bergabung dengan mailing list tersebut. Akhirnya setelah sekian lama browse sana sini,bertemu juga saya dengan komunitas lesbian yang asli dari indonesia. Salut deh,buat institut pelangi perempuan.
Kepedulian yang mereka tawarkan buat para lesbian bukan cuma berupa janji-janji pemanis mulut.
Belum lama ini,saya baca di koran,ada berita tentang seorang lesbian (w) dituduh telah memperkosa dan melarikan anak perempuan (u)yang masih berusia 13 tahun. Keluarga u nggak terima dan melaporkan perkara tersebut ke polisi. Si w ditangkap. Dari hasil penyelidikan,ternyata si w sama sekali tidak bermaksud melakukan pemerkosaan apalagi melarikan anak tersebut. Mereka adalah pasangan lesbian. Jadi bukan hanya si W saja yang lesbian tetapi si u juga. Dan si u melarikan diri secara sukarela,bukan karena dipaksa.
Mereka akhirnya sepakat damai dan atas desakan kedua pihak mereka dimasukkan ke rumah damai. Nggak jelas juga rumah damai itu apa,tapi kemungkinan besar adalah pesantren dengan dalih untuk disembuhkan.
Nah, untuk mendampingi mereka ada teman-teman yang menolong,baik dari segi hukum maupun bantuan psikologis. Yang berasal dari LBH maupun organisasi perempuan lainnya,termasuk institut pelangi perempuan.

Mungkin keadilan itu nggak akan datang dengan mudah,tapi setidak-tidaknya ada komunitas sejenis yang mau peduli.

1 komentar:

Lambretta Marijuana mengatakan...

yeah, saya juga baru ikutan milis ipp. hihihi. salam kenal! ;)